Kamis, 23 Mei 2013

Contoh Pendahuluan Laporan Tugas Akhir


 BAB I
PENDAHULUAN
1.1    LATAR BELAKANG MASALAH
SMA N 01 Kecamatan Harau merupakan salah satu Sekolah favorit di Kabupaten Lima Puluh Kota. Ini terlihat dari berbagai fasilitasnya yang lengkap dan prestasi prestasi yang telah diukir, baik tingkat Kabupaten maupun tingkat Provinsi.
Pada setiap awal tahun ajaran, SMA N 01 Kecamatan harau ini disibukkan dengan kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Pendaftar berasal dari berbagai daerah, baik dalam maupun luar Kabupaten Lima Puluh Kota karena SMA N 01 ini terletak di pusat Kabupaten Lima Puluh Kota dan mudah dijangkau oleh kendaraan umum.
Setiap tahunnya, SMA N 01 Kecamatan Harau memiliki ribuan pendaftar yang datang dari berbagai daerah. Dengan banyaknya pendaftar membuat panitia penerima peserta didik baru pada SMA N 01 Kecamatan Harau kewalahan, mulai dari pembagian formulir pendaftaran, pengumpulan persyaratan serta peyeleksian kelengkapan administrasi pendaftar. Selain itu, antrian dan desak-desakan saat mendaftar antara calon siswa barupun tidak dapat dihindari.
Karena itulah, penulis berinisiatif membuat judul Tugas Akhir “ PERANCANGAN WEBSITE PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU BERBASIS PHP PADA SMA NEGERI 01 KECAMATAN HARAU ” guna meringankan pekerjaan panitia penerima peserta didik baru dalam penerimaan calon siswa baru dan memudahkan para calon peserta untuk mendaftar sebagai siswa, sehingga calon peserta dapat melakukan pendaftaran kapanpun dan dimanapun berada.
1.2    PERUMUSAN MASALAH
Dari Uraian latar belakang maka dapat dirumuskan masalahnya adalah “ Bagaimana merancang  website Penerimaan Peserta Didik Baru berupa halaman Portal yang terdapat fitur menu registrasi, form login, serta informasi pendaftar dan  halaman administrator untuk mengelola data-data pendaftar hingga web tersebut bisa dijalankan. ”
1.3    BATASAN MASALAH
Untuk memperjelas ruang lingkup permasalahan dan kalkulasinya, maka dalam penulisan Laporan Tugas Akhir ini perlu adanya batasan-batasan masalah yang akan diuraikan, antara lain :
1.    Media Permasalahan adalah Website Penerimaan Peserta Didik Baru pada SMA Negeri 01 Kecamatan Harau
2.    Dalam penyusunan laporan ini pembagasan ditekankan pada :
a.    Web portal pengunjung PPDB SMA N 01 Kec. Harau.
b.    Administrator PPDB SMA N 01 Kec. Harau.
1.4    TUJUAN
Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah  website Penerimaan Peserta Didik Baru berupa halaman Portal untuk pendaftar dan  halaman administrator untuk pengelola data-data pendaftar hingga web tersebut bisa dijalankan guna mempermudah pekerjaan dalam kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).
1.5    MANFAAT
A.  Bagi Penulis
1.    Dapat merancang website Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada SMA Negeri 01 Kecamatan Harau.
2.    Melengkapi syarat penyelesaian Studi pada Program Study DIII Teknik Komputer pada Sekolah Tinggi Teknologi Payakumbuh.
3.    Sebagai pembelajaran dan menambah wawasan khususnya dibidang web berbasis PHP
B.  Bagi Instansi
1.    Dapat memiliki dan memanfaatkan website Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).
2.    Dapat mempermudah pekerjaan, menghemat waktu dan tenaga dalam kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).
 
 1.6    SISTEMATIKA PENULISAN
Untuk memberikan gambaran secara menyeluruh masalah yang akan dibahas dalam Laporan Tugas Akhir ini maka sistematika penulisan ini dibagi dalam beberapa bab.
Bab I Pendahuluan, menjelaskan mengenai latar belakang masalah, perumusan masalah, batasan masalah, tujuan, manfaat dan sistematika penulisan Laporan Tugas Akhir
Bab II Landasan Teori, memuat teori tentang pengertian dan penjelasan mengenai website Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).
Bab III Metodologi Penelitian, berisi tentang Desain Sistim website Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada SMA Negeri 01 Kecamatan Harau, prosedur penelitian dan spesifikasi dari website Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tersebut.
Bab IV Hasil dan Pembagasan, menjelaskan tentang hasil dari website tersebut dan pembahasan mengenai perancangan website Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).
Baba V kesimpulan dan saran, berisi tentang kesimpuran dan saran  mengenai perancangan website Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Terkait

Description: Contoh Pendahuluan Laporan Tugas Akhir Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Contoh Pendahuluan Laporan Tugas Akhir
Al
Mbah Qopet Updated at: 8:53 PM

0 komentar:

Feed